Demo Blog

JALUR TARNSPORTASI JEMBATAN GANTUNG KAMPUNG LAMA TENGGULUN TERPUTUS

by humaira institute on Nov.22, 2009, under


“Mengapa pihak eksekutif belum melaksanakan kegiatan pekerjaan sementara kita anggota Dewan telah mengesahkan APBD di awal tahun, ujar Marlina, S.Pd”

Terbukanya akses transportasi disegala lini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secara menyeluruh namun tidaklah dapat sepenuhnya terealisasi seperti yang diharapkan masyarakat.

Terkait masalah ini direktur humaira institute Jonie Hermansyah mengomentari “Kampung Lama Kecamatan Tenggulun suatu kampung yang selama ini sangat memprihatinkan dari segi peningkatan perekonomiannya, ini disebabkan Jembatan Gantung yang kondisi badan jalan sudah pada berlubang dan TIDAK LAYAK lagi digunakan sehingga terhambatnya jalur transportasi penghubung, dan juga Jembatan tersebut sangat membahayakan bagi masyarakat pengguna fasilitas itu. Semestinya Pemkab membuka mata untuk menjalankan program-program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat jangan hanya mengkonsep di atas meja, apakah Pemkab tidak mengetahui bahwa Indikator keberhasilan Program terletak pada peningkatan Perekonomian masyarakat?, sudah waktunya Pemkab turun ke lokasi melihat secara nyata seberapa besar kebutuhan masyarakat akan fasilitas-fasilitas infrasturktur yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

“Akibat Jembatan Gantung ini kami masyarakat Kampung Lama sangat susah bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari sangat tinggi harganya di sini, begitu juga untuk hasil pertanian dari kampung ini sangat murah jika dijual itu disebabkan terputusnya jalur kendaraan-kendaraan yang tidak dapat melintasi jembatan sehingga biaya transportasi sangat tinggi, ini dipengaruhi putusnya jalur untuk masuk maupun keluar kampung” ujar M. Saleh, terlebih lagi jembatan ini sangat berbahaya untuk dilintasi, salah seorang warga kami menjadi korban akibat rusaknya jembatan, Lina (Kelas 3 SMP No.6 Kejuruan Muda) sekitar 3 (tiga) tahun yang lalu mengalami patah tangan, pernah juga satu keluarga terjatuh masuk ke dalam sungai lakibat jalan Jembatan itu berlobang-lobang anjutnya menerangkan.

Maryono salah satu warga kampung Lama menejelaskan “Selama ini kami masyarakat kampung memperbaikinya dengan cara Swadaya masyarakat, padahal dari 4 (empat) tahun yang lalu sudah kami ajukan ke Kabupaten tetapi tidak ada jawaban apa-apa sampai sekarang, harapan masyarakat sedikit terjawab ketika kabar yang disampaikan oleh Ibu Marlina, S.Pd anggota Dewan yang telah berkunjung beberapa kali pada saat meninjau ke lokasi kalau jembatan ini akan diperbaiki oleh Pemkab dan kami berharap realisasinya secepat mungkin karena Jembatan Gantung ini menjadi kebutuhan mendasar kampung kami”.

Dari keterangan tersebut, media ini menghubungi Marlina, S.Pd di kediamannya mengatakan “Jembatan Gantung Kp. Lama telah disetujui perenovasiannya pada Rapat Anggaran dan akan dilakukan pekerjaannya pada tahun ini juga tetapi saya masih menjadi tanda tanya mengapa pihak eksekutif belum melaksanakan kegiatan pekerjaan sementara kita anggota Dewan telah mengesahkan APBD di awal tahun” ujar Marlina, S.Pd.

Saya juga akan mempertanyakan secara langsung ke Dinas terkait (Dinas Pekerjaan Umum) mengapa pekerjaan ini belum dilakukan?, inikan menyangkut program utama Pemkab Tamiang dengan membuka jalur transportasi disegala lini dan juga menjadi acuan pada rancangan; Strategi Kepihakan ke daerah-daerah terpencil; intervensi pembangunan infrastuktur, sarana transportasi dan pemenuhan hak-hak ekonomi sosial yang diterapkan Pemkab Tamiang, namun mengapa sepertinya ini dihambat?

Kunjungan saya yang kesekian kalinya memang tampak nyata kalau Jembatan Gantung itu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat disana, selama ini masyarakat Kp. Lama terbelenggu dengan harga-harga yang sangat melonjak yang lebih parahnya hasil pertanian mereka tidak dapat dikeluarkan sehingga menjadikan masyarakat Kp. Lama tidak mampu menigkatkan perekonomiannya.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

free counters